Lampu Harddisk Eksternal / Flashdisk Masih Menyala Meski Sudah di Safely Remove

Sebagian dari anda mungkin tidak merasa aneh ketika anda melihat lampudari flashdisk atau harddisk eksternal anda masih menyala walaupun sudah di safely remove di windows 7. Saya juga awalnya tidak merasa aneh, namun saya pernah menggunakan windows 8 dalam jangka waktu yang lama. Dikarenakan sesuatu hal, saya berganti ke windows 7.

Di windows 8, saya melihat ketika saya melakukan safely remove hardware ke harddisk eksternal saya lampu yang ada pada harddisk eksternal mati dan baru saya mencabutnya dari port USB laptop saya. Setelah saya berganti sistem operasi ke windows 7, ini tidak terjadi. Lampu tetap saja menyala meski saya sudah menunggunya lama untuk melihat lampu tersebut mati.

Listrik masih saja mengalir ketika kita melakukan safely remove hardware. Saya berpikir mungkin saja ini berbahaya. Nantinya flashdisk / harddisk eksternal saya cepat rusak. Akhirnya, setelah saya mencari berbagai informasi saya mendapatkan cara untuk mengatasi masalah ini. Cara ini berhasil dilaptop saya. Ikutilah langkah-langkah sederhana berikut ini (Klik gambar untuk memperbesar) :
  • Jalankan "Run" dengan cara tekan tombol kombinasi Windows dan R atau ketik 'Run' di kolom search di start menu. Ketik regedit.
Masuk Edit Registri Windows
Regedit
  • Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\usbhub. Kemudian buat Key baru dengan cara klik menu Edit > New > Key. Beri nama HubG.
Buat Key Baru di Registri
Buat Key baru
  • Kemudian masih dalam Key HubG, klik menu Edit > New > DWORD (32-bit) value. Rename DWORD tersebut dengan namaDisableOnSoftRemove. Klik kanan di DWORD yang baru saja dinamai tersebut, pilih Modify.
Buat DWORD baru di registri
Buat DWORD baru
Modify DWORD yang baru dibuat
Modify DWORD
  • Isikan angka di kolom value data. Klik OK.
Value Data True
Value Data
Hasil Edit Registri
Hasilnya
  • Jangan lupa untuk restart komputer anda.
Begitulah sedikit tips dan trik bagaimana mengatasi Lampu Harddisk Eksternal / Flashdisk Masih Menyala Meski Sudah di Safely Remove. Akan lebih baik jika anda Membuat Syatem Restore Point terlebih dahulu sebelum melakukan edit di registri.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sumber :www.komputerkamu.com