10 November 2013, Windows Resmi Berusia 30 Tahun

Tanggal 10 November kemarin ternyata tak hanya menjadi hari yang bersejarah bagi Indonesia, sebagai peringatan hari pahlawan. Pada tanggal tersebut, sistem operasi Windows milik Microsoft ternyata juga sudah genap berusia 30 tahun.
Bill Gates sebagai pendiri Microsoft pertama kali mengumumkan Windows 1.0 pada 10 November 1983. Namun pihak Microsoft mulai menjual sistem operasi tersebut dua tahun setelahnya, yakni pada November 1985. Dan tentu saja tampilan Windows versi pertama sangat jauh berbeda dengan yang saat ini ada di pasaran.

Pada versi awalnya, Windows sangat jauh berbeda dengan interface Mac Apple. Hal ini dilakukan oleh Microsoft untuk menghindari adanya pertikaian hak paten. Sistem operasi Windows versi pertama itu pun tak dilengkapi dengan manajemen file GUI, seperti yang ada saat ini.
Meskipun begitu, Microsoft sudah memberikan beberapa fitur sebuah sistem operasi serta fungsionalitas yang saat ini umum digunakan. Di antaranya adalah built-in kalender, jam, text, editor bitmap, clipboard, game reversi dan lain-lain. Namun Windows tak menjadi sistem operasi populer sampai pada versi Windows yang dirilis pada pertengahan 1990.
Sumber : beritateknologi.com